Detil Ukuran dan Aksesories Pada Arena Tinju

Tinju ialah tipe olahraga berlaga yang mengikutkan dua atlet dengan berat badan yang sama. Mereka saling beradu otot dalam beberapa putaran ronde dan dengan menggunakan kepalan tangan yang terbungkus oleh sarung tangan. Tengah tempat untuk mengadakan pertandingan itu ditangani pada sebuah panggung persegi dengan batasan beberapa tali yang saling terkait yang disebut arena tinju.

Kisah penamaan arena tinju

baca juga Perlengkapan Dan Peralatan Taekwondo
baca juga Perlengkapan Dan Peralatan Beladiri
baca juga perlengkapan dan peralatan pencak silat

Nama “ring” yang berarti “cincin atau lingkaran”, diambil karena kontes berlaga dahulu ditangani pada zona lingkaran. Zona ini digambar dengan kasar di tanah, sampai beberapa pirsawan seolah-olah tengah mengkerubungi pemain yang tengah berlaga.

Ketetapan penetapan lingkaran kecil di ruangan pertarungan ini lantas bersambung dalam London Prize Ring Rules, 1743. Sekejap arena tinju persegi baru diperkenalkan tahun 1838 oleh masyarakat Pugilistik.

Satu ring tidak dapat digunakan untuk kontes tinju kecuali telah memperoleh cap dari komisi yang menjelaskan semua spesifikasinya telah sama dengan.

Di Indonesia ketentuan ring untuk pertandingan tinju diatur oleh badan PERTINA (Persatuan Tinju Amatir Indonesia) dan AIBA (Association Internationale de Boxe Amateur). PERTINA berdiri tanggal 30 Oktober 2004 dan di bawah naungan AIBA yang lakukan tindakan jadi Lembaga Tinju Amatir Dunia.

Beberapa jenis aksesories arena tinju

arena tinju

Untuk memberikan suport jalannya pertandingan tinju agar lebih bisa di nikmati banyak pengunjung dan tanpa menyederai pemain atau pirsawan, jadi dalam ring berlaga ini ditambahkan beberapa aksesories tinju seperti pembatas tali, bantalan sudut, permukaan lantai yang empuk, dan tangga untuk menaiki panggung yang lebih tinggi dari tanah. Tentang spesifikasinya yakni sebagai berikut.

1. RING TINJU

Kerangka ring tinju memiliki konstruksi dari besi atau baja yang demikian kuat. Untuk ukuran standarnya tidak dapat kurang atau lebih dari 4,9 sampai 6,1 mtr. persegi yang diukur dari dalam garis tali.

Tengah untuk keempat sisi luarnya memiliki panjang 85cm diukur dari batas tepian sampai garis tali. Batas luar digunakan agar petinju tidak terjatuh waktu terpojok sampai tepi ring.

Tinggi ring pada umunya sekitar 91cm sampai 122cm diukur dari tanah. Di permukaan atasnya dilapisi oleh bantalan felt, karet, atau material yang lain yang lembut dan elastis dengan tebal pada 1,5cm sampai 2,0cm.

Selain itu turut dilapisi kanvas untuk menutupi, mengencangkan, dan mengamankan permukaan ring. Kanvas harus mempunyai bahan basic non-slip sampai memudahkan pergerakan pemain.

2. BANTALAN POJOK

Pada sebuah ring ada empat sudut yang dilengkapi dengan bantalan karet. Bantalan ini tersambung dengan tali dan turnbuckle, yang semasing memiliki warna berbeda untuk team tim peserta dan official.

Di dua sudut diagonal ada bantalan merah dan biru untuk tempat pemain beristirahat. Tengah dua sudut diagonal yang lainnya yang berwarna netral atau putih yakni untuk satu wasit dan satu medis.

3. TALI

arena tinju

Untuk batasi pemain agar tidak terjatuh, jadi di masing-masing sisi ring ada 4 deret tali paralel dengan diameter sekitar 2,5 cm.

Tali ini melekat pada tiang setinggi 1,5 m dengan turnbuckle, dan ditata dengan ketinggian semasing 40cm, 70cm, 100cm dan 130cm dari atas matras. Selain itu tali turut ditutupi oleh bantalan tebal agar tidak melukai pemain.

Berbeda dengan ring gulat yang tanpa sambungan, tali untuk tinju ditata dengan warna yang berbeda tiap-tiap 1/2 sisinya.

Untuk 2 sisi sudut yang bersimpangan dibatasi tali berwana merah dan biru untuk pemain, tengah 2 sisi sudut yang lainnya berwarna putih untuk wasit dan dokter. Tingkat ketegangan dua tali dibagian atas demikian ketat, tengah dua tali di bawahnya cukuplah longgar.

4. TURNBUCKLE

Turnbuckle ialah tipe alat pengait yang digunakan untuk mengatur tegangan tali arena tinju. Alat ini memiliki dua mata di ke-2 sisinya, satu untuk mengkaitkan tali ke turnbuckle dan satu kembali dari turnbuckle ke tiang.

Karena di tiap-tiap sudut ring memiliki empat baris tali jadi banyaknya turnbuckle yang diperlukan yakni beberapa 16 buah, semasing sudut tersambung dengan 4 buah turnbuckle.

Dengan turnbuckle jadi tingkat ketegangangan tali bisa diatur. Untuk memberikan suport kapasitasnya, turnbuckle terdiri jadi tiga tipe pengait yakni bentuk eye (bulat seperti mata), hook seperti pengait pancing, dan jaw seperti ketapel dengan pengunci di atasnya.

Turnbuckle ini lantas ditutup dengan bantalan cover atau padding dengan lebar 15cm dan tebal 7,5cm. Untuk warnanya turut berbeda sama juga dengan sudut pemain dan official.

5. TANGGA

Sama dengan dengan aksesories yang lainnya di tiap-tiap sudut, pada ring turut ada tiga buah set kursi untuk ambil langkah ke atas panggung.

Dua set kursi di arah diagonal yang bersimpangan untuk pemain dan staff, serta satu set kursi di sudut putih untuk penggunaan wasit dan dokter. Untuk pewarnaannya turut dibedakan, yakni untuk pemain yang berwarna merah dan biru, dan untuk wasit berwarna putih.

Beberapa macam arena tinju

baca juga Distributor Alat Olahraga di Jakarta
baca juga Pusat Distributor Alat Olahraga
baca juga Produsen Alat Olaharga di Indonesia

Jika lihat tampilan dan ukuran ring jadi keseluruhannya hampir sama, baik dari bagian bahan atau potensi. Namun yang membedakan yakni ada pada aksesories dan pewarnaannya.

Beberapa ring biasa menggunakan cat minyak berlapis cat epoxy, tengah tipe ring yang high-end menggunakan tipe powder coating atau cat oven yang memiliki kualitas dan ketahanan yang baik pada gesekan, karat, dan cuaca.

1. RING STANDARD

arena tinju

Ring standar banyak digunakan untuk pelatihan dan pertandingan tinju antar daerah. Walaupun menggunakan cat minyak namun ring ini juga dilapisi cat epoxy yang tahan lama.

Beberapa aksesories model ring standar bisa sama dengan kepentingan customer setia, berbeda dengan tipe superior yang lebih lengkap. Untuk harga ring tipe standar bisa sampai sekitar Rp. 80 juta.

2. RING SUPERIOR

Ring superior banyak digunakan untuk laga tinju nasional atau internasional. Ketahanan besinya yang demikian kuat dan kuat diperkuat kembali dengan teknik pewarnaan cat powder coating atau cat oven.

Cat ini buat jadi ring tahan lama karena berupa anti gores, anti karat, dan tahan pada semua kondisi cuaca. Untuk harga nya tentu saja lebih mahal dari tipe standar, yakni sekitar Rp. 90 juta.

3. MODE RING KNOCK DOWN

Model ring ini bisa dibongkar pasang dengan cara yang demikian mudah dan sederhana. Anda bahkan tidak butuh menggunakan service dari tim penjualan, cukuplah cuma Anda dengan tiga orang kru yang lainnya.

4. MODE RING OKTAGONAL

Ring oktagonal sebenarnya tidak termasuk dalam tipe ring untuk tinju. Penggunaan ring ini digunakan jadi latihan gym dan pertarungan seni seperti MMA (Mixed Martial Arts) dan UFC (Ultimate Fighting Championship).

baca juga Perlengkapan Peralatan Karate

Kunjungi kami Disini Facebook

Kunjungi kami Disini Twitter

Silahkan Kunjungi Toko Kami Untuk Mendapatkan Harga Special Dan Berkualitas Dari Kami

Untuk Info dan keterangan lebih lanjut dapat langsung menghubungi kontak kami

Whatsapp : 0813 3636 7737

atau dapat langsung datang ke toko kami di

Alamat : Jl. Pulo Asem Utara 5 No. 18 Rt.010 / Rw.001, Kec. Pulogadung Kel. Jati, Rawamangun – Jakarta Timur 13220

distributoralatolahragamurah.com

EMAIL : Sahabatolahraga@gmail.com

distributor alat olahraga

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD FILE PDF

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Distributor Alat Olahraga Murah
Send via WhatsApp
%d bloggers like this: