alat berolahraga atletik

Jenis-Jenis Alat Berolahraga Atletik

Berolahraga atletik adalah salah satunya type berolahraga yang seringkali dipertandingkan dalam kejuaraan internasional. Walau berolahraga atletik adalah berolahraga jaman kuno, berolahraga ini masih memerlukan alat untuk mendukung kegiatannya. Beberapa jenis alat berolahraga atletik dibutuhkan untuk mendukung berolahraga berdasar pada macamnya.

Riwayat berolahraga atletik berawal dari satu moment olimpiade pertama beberapa ratus tahun sebelum masehi. Di tahun 1912, berolahraga atletik membuat organisasi dunia yang bernama International Amateur Athletic Federation (IAAF). Sedang di Indonesia baru membuat Persatuan Atletik Semua Indonesia (PASI) di tahun 1950.

Beberapa jenis cabang berolahraga atletik banyak dipertandingkan dalam beberapa kejuaraan nasional ataupun dunia. Dengan umumada tiga cabang berolahraga atletik, yakni jalan atau lari, lompat, serta lempar.

Walau cabang berolahraga itu termasuk simpel, Anda harus tetap memerlukan beberapa macam alat atletik untuk memberi dukungan pekerjaan berolahraga Anda.

Peralatan Atletik Lari

alat berolahraga atletik

Lari adalah salah satunya type berolahraga atletik yang cukuplah popular. Walau berolahraga atletik ini seringkali diperlombakan dalam satu kompetisi, berolahraga atletik yang satu ini cukuplah banyak disukai oleh semua kelompok usia.

Beberapa jenis type berolahraga lari bukan sekedar memerlukan satu trek lari saja, tapi pun memerlukan beberapa type peralatan atletik lari.

1.      Stopwatch

Stopwatch dibutuhkan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan pelari dalam menenpuh jarak lari. Umumnya pada sebuah laga lari dibutuhkan sebuah stopwatch untuk mengukur waktu atlet.

Tapi Anda pun memerlukan satu stopwatch untuk mengukur waktu yang dibutuhkan waktu Anda lakukan latihan lari.

2.      Gawang

baca juga Distributor Alat Olahraga di Jakarta
baca juga Pusat Distributor Alat Olahraga
baca juga Produsen Alat Olaharga di Indonesia

Gawang dibutuhkan dalam satu perlombaan lari gawang. Beberapa jenis cabang lari gawang dibutuhkan 10 gawang yang dapat sesuai tingginya dengan type perlombaan yang dipertandingkan.

3.      Tongkat Lari Sambung

Tongkat lari sambung umumnya dipakai untuk perlombaan lari maraton. Tongkat lari sambung ini terbuat dari kayu atau logamyang berupa silinder dengan panjang pada 28-30 cm.

4.      Hambat Rintang / Steeple Chase

Hambat rintang umumnya terbuat dari kayu dengan tinggi 0,914 m serta lebar 3,96 m. Umumnya hambat rintang mempunyai tebal 12,75 cm persegi. Hingga pada sebuah halamg rintang mempunyai berat seputar 80-100 kg.

Peralatan Atletik Lompat

alat berolahraga atletik

Ada empat type berolahraga atletik lompat yang seringkali diperlombakan, yakni lompat jauh, lompat jangkit, lompat galah, serta lompat tinggi. Beberapa jenis alat berolahraga atletik dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan atletik lompat ini.

1.      Mistar Lompat Tinggi

Mistar umumnya terbuat dari kayu atau logam dengan diameter 25-30 mm. Umumnya mistar lompat tinggi mempunyai panjang pada 1-3,65 m dengan berat minimum 2,2 kg.

2.      Tiang Lompat Tinggi

Tiang lompat tinggi dipakai untuk menyokong mistar lompat tinggi. Tiang ini dipakai untuk meningkatkan mistar 5-10 cm.

3.      Tongkat/Galah

baca juga Apa Itu Cone Maker
baca juga Cara Memilih Tiang Badminton Portable
baca juga Memilih Tiang Voli yang bagus

Tongkat galah umumnya terbuat dari fiber yang sesuai dengan berat tubuh pelompat. Tongkat galah dibikin untuk mengawasi kelenturan serta tidak gampang patah saat dipakai.

Peralatan Atletik Lempar

alat berolahraga atletik

Salah satunya type berolahraga atletik ini mempunyai beberapa nomer cabang yang biasa diperlombakan. Ada empat nomer cabang atletik lempar, yakni lempar cakram, lempar lembing, tolak peluru, serta lontar martil.

Beberapa jenis peralatan atletik dibutuhkan untuk memberi dukungan pekerjaan atletik lempar.

1.      Cakram

Dalam berolahraga lempar cakram, cakram yang dipakai mempunyai diameter 22 cm serta terbuat dari logam. Untuk lelaki berat cakram 2 kg serta untuk wanita beratnya 1 kg.

2.      Lembing

Lembing dipakai cuma dinomor lempar lembing saja. Lembing yang dipakai mempunyai panjang 2,6 – 2,7 mtr. dengan berat 800 gr untuk nomer lelaki serta 2,2 – 2,3 mdengan berat 600 gr di nomer wanita.

Lembing yang dipakai mempunyai pegangan selama 20 cm dengan ujung runcing yang tajam supaya bisa dipakai menjadi pemberi tanda jauhnya lembing yang dibuang.

3.      Peluru

Peluru dipakai untuk berolahraga tolak peluru. Peluru umumnya terbuat dari logam besi yang mempunyai berat sama dengan nomer yang diperlombakan.

Untuk senior putra mempunyai berat 7,575 kg serta senior putri dengan berat. 4 kg. Sedang untuk junior putra mempunyai berat 5 kg serta junior putri mempunyai berat 3 kg.

baca juga Distributor Alat Olaharga Murah

Kunjungi kami Disini Facebook

Kunjungi kami Disini Twitter

Silahkan Kunjungi Toko Kami Untuk Mendapatkan Harga Special Dan Berkualitas Dari Kami

Untuk Info dan keterangan lebih lanjut dapat langsung menghubungi kontak kami

Whatsapp : 0813 3636 7737

atau dapat langsung datang ke toko kami di

Alamat : Jl. Pulo Asem Utara 5 No. 18 Rt.010 / Rw.001, Kec. Pulogadung Kel. Jati, Rawamangun – Jakarta Timur 13220

distributoralatolahragamurah.com

EMAIL : Sahabatolahraga@gmail.com

distributor alat olahraga

KLIK DISINI UNTUK DOWNLOAD FILE PDF

Jika Anda berlokasi Surabaya, Medan, Anda bisa melakukan order melalui website atau WhatsApp. Dan untuk Anda yang berada di Jabodetabek, Anda juga bisa datang langsung ke toko fisik kami yang berlokasi di Jalan Pulo Asem Utara V, No. 18, RT 10 / RW 01, Jati, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220. Untuk waktu operasional toko Sahabat Olahraga pada Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 dan Sabtu pada 09.00 – 16.00.